Mana yang Lebih Baik, Sarapan Dulu atau Olahraga Dulu?


Olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh makin bugar. Sarapan juga penting karena bisa menjaga fungsi metabolisme. Nah, mana dulu nih yang harus dilakukan?

Tidak ada kesimpulan yang pasti untuk pertanyaan tersebut. Masing-masing punya plus minus, tergantung tujuan yang ingin dicapai.

Kepala departemen nutrisi di University of Massachusetts, Dr Nancy Cohen, mengatakan bahwa seseorang butuh asupan nutrisi dan sumber energi sebelum olahraga. Artinya, sarapan dulu akan lebih menguntungkan bagi yang olahraganya butuh banyak energi.

“Seperti karbohidrat sangat dibutuhkan saat kamu melakukan olahraga seperti yoga, gym, dan jogging,” jelas Dr Cohen, dikutip dari Time.

Namun beberapa orang mengalami perut kram jika olahraga setelah makan. Perut yang masih penuh oleh makanan dipaksa untuk bergerak dan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut dan bisa menyebabkan muntah-muntah.

Para pakar seperti dikutip dari YourtotalHealth menyarankan untuk memberi jeda waktu 30 menit hingga 2 jam sebelum berolahraga jika memang mau sarapan dulu. Jika mengkonsumsi asupan yang lebih berat, akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Secara umum, seseorang pasti ingin makan makanan tinggi karbohidrat, protein, dan rendah lemak. Kira-kira butuh waktu tiga sampai empat jam sebelum berolahraga,” kata Dr Cohen.

Bagaimana jika ingin menurunkan berat badan? Cobalah mengkonsumsi asupan seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran yang direbus. Selama tidak berlebihan, tidak ada bukti sarapan sebelum olahraga bisa menggagalkan diet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*